10 Tips Teratas untuk Pemasaran Media Sosial
Metode pemasaran baru ini memanfaatkan pakar media sosial untuk menyebarkan pesan merek Anda. Orang-orang ini mungkin termasuk pemimpin industri, atlet, atau selebritas yang terkenal dan tepercaya.
Influencer telah mendapatkan kepercayaan dari penggemarnya dan dapat membantu menyampaikan pesan Anda ke khalayak luas. Gunakan sepuluh tip berharga ini untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemasaran influencer.
1. Temukan Influencer yang Pakar di Industri Anda
Influencer media sosial yang sempurna untuk merek Anda bukanlah orang yang memiliki banyak pengikut. Anda membutuhkan seseorang yang memiliki pengikut yang aktif dan terlibat. Dan mengingat ada influencer yang berbeda, yang terbaik adalah memilih pakar di bidang Anda.
Terkadang, pakar berbasis niche mungkin tidak memiliki banyak pengikut tetapi mereka lebih tepat untuk menargetkan audiens Anda. Dukungan mereka lebih berguna dibandingkan selebriti yang melibatkan beragam audiens.
2. Ubah Influencer menjadi Duta Merek Anda
Influencer mempunyai pengaruh yang kuat terhadap tindakan pengikutnya di tips penggunaan media sosial. Sebagian besar pengikut sangat ingin mendengar apa yang akan dikatakan oleh influencer. Bekerja dengan mereka berarti memanfaatkan keterlibatan mereka untuk mengalihkan perhatian ke bisnis Anda. Anda juga dapat bekerja lebih keras dan meyakinkan influencer untuk menjadi duta merek Anda.
Sebagai duta, influencer tidak hanya akan merekomendasikan produk Anda tetapi juga akan mewujudkan merek Anda. Ini dapat membantu menghasilkan publisitas yang baik dan menarik lebih banyak pengikut ke merek Anda. Pelanggan juga mungkin merasa lebih terhubung dengan merek Anda, dan mereka dapat berubah menjadi loyalis.
3. Hubungkan Kampanye Pemasaran Influencer dengan Tujuan Sosial
Saat ini, kampanye pemasaran akan lebih efektif ketika merek menunjukkan kepedulian terhadap tujuan sosial. Delapan puluh tujuh persen pelanggan mengatakan mereka akan memilih merek yang turut serta dalam tujuan baik. Mahasiswa juga lebih menyukai merek yang bertanggung jawab secara sosial.
Melibatkan influencer Anda dalam suatu tujuan dapat membantu Anda terhubung dengan audiens pada tingkat yang lebih dalam. Seorang influencer menarik perhatian audiens ke kampanye Anda. Hal ini dapat membuat banyak orang merasa emosional dan terinspirasi oleh tindakan merek Anda.
Walmart bekerja sama dengan Rosanna Pansino, Logan Paul, dan tujuh influencer lainnya dalam kampanye memerangi kelaparan. Kampanye ini menghasilkan keterlibatan besar-besaran—menghasilkan jutaan lebih suka dan pengikut.
4. Berikan Kode Promo atau Kode Diskon kepada Influencer
Influencer juga dapat membantu mendorong penjualan Anda. Pikirkan untuk memberikan kode diskon atau kode promo kepada influencer Anda untuk dipromosikan kepada penggemar mereka. Dampaknya dapat membuat influencer lebih populer dan juga mendatangkan lebih banyak konversi sesuai keinginan Anda.
Kode promo juga memungkinkan Anda melacak kampanye pemasaran influencer Anda. Lebih banyak penjualan yang dihasilkan dari kode ini dapat menunjukkan bahwa Anda bekerja dengan influencer yang tepat.
Meskipun kode promo berguna, terkadang bisa berisiko. Peretas dapat memanfaatkannya dan menyebabkan kerugian bagi Anda. Jadi, bekerjalah sama dengan agen yang dapat menjamin keamanan kupon Anda. Agen pemasaran digital dapat membantu menemukan influencer untuk Anda dan memberi mereka kupon.
5. Tingkatkan Dukungan di Podcast
Mendapatkan influencer dalam dukungan podcast adalah trik luar biasa untuk meningkatkan penjualan. Podcast memungkinkan influencer untuk terhubung dengan audiens Anda secara pribadi.
Suara lebih ekspresif dan memungkinkan influencer menarik perhatian pelanggan Anda. Selain itu, podcast menarik banyak pendengar. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 144 juta orang Amerika mendengarkan podcast.
6. Minta Influencer Menjadi Afiliasi Anda
Banyak influencer mungkin memiliki audiens yang sangat besar tetapi tidak memiliki produk untuk dijual. Bagaimana jika mereka bisa menjadi afiliasi Anda? Hubungan afiliasi biasanya lebih menguntungkan daripada pemasaran influencer.
Afiliasi mendorong influencer untuk lebih sering melibatkan audiens mereka atas nama Anda. Afiliasi mendapat komisi dari setiap penjualan.
Hal ini dapat memotivasi mereka lebih dari sekedar kontrak satu kali. Daripada berfokus pada lebih banyak suka dari satu postingan, manfaatkan penjualan nyata dari influencer.
7. Hindari Mengelola Mikro Influencer Anda
Pemasaran influencer banyak tentang hubungan dan kepercayaan. Influencer yang baik adalah influencer yang autentik dan terlibat secara mendalam dengan pengikutnya. Mereka mungkin meluangkan waktu untuk memahami merek Anda dan ekspektasi pemasaran Anda.
Namun tetap saja, seorang influencer tidak seperti karyawan yang dapat Anda kendalikan atau kelola. Sebaliknya, mereka adalah merek tersendiri. Mereka menginvestasikan upaya bertahun-tahun untuk membangun audiens, sehingga mereka tahu cara unggul manfaat luar biasa media.
Sebaiknya beri mereka kebebasan untuk membuat konten. Biarkan mereka menggunakan strategi mereka yang telah terbukti untuk membawa Anda sukses.
8. Biarkan Mereka Meninjau Produk Anda
Ulasan online yang positif dapat memberi Anda reputasi yang baik dan citra positif. Pelanggan memercayai ulasan karena tampak lebih jujur. Ulasan influencer bahkan bisa menjadi lebih efektif karena pengaruh pasar mereka.
Anda dapat meminta influencer untuk mengulas produk Anda dengan imbalan diskon atau produk gratis. Merek Anda dapat menarik lebih banyak suka dan pengikut karena meningkatnya perhatian. Ulasan dapat berupa postingan media sosial, video, atau tag.
9. Izinkan Influencer Mengambil Alih Akun Media Sosial Anda
Jika Anda menginginkan hasil langsung dari pemasaran influencer, Anda dapat mencoba pengambilalihan. Ini adalah pemberian sementara hak istimewa akun Anda kepada influencer. Influencer mengambil kendali atas pembuatan konten, pengeposan, dan keterlibatan.
Pengambilalihan membantu menghibur audiens Anda dan menghasilkan sensasi. Ini dapat mempercepat pertumbuhan akun Anda dan meningkatkan eksposur merek. Masalahnya adalah Anda memberikan kata sandi Anda, yang dapat menyebabkan masalah privasi dan hilangnya data.
10. Gunakan Konten Influencer yang Dapat Dibeli
Pemasaran influencer telah berkembang dari alat penghasil lalu lintas menjadi alat penjualan. Sebelumnya, hanya merek yang dapat menautkan ke produk dan membagikan postingan yang dapat dibeli di Instagram dan Facebook. Namun dengan postingan Influencer yang dapat dibeli, merek mungkin memperoleh ROI yang lebih besar dari pemasaran Instagram.
Menggunakan postingan influencer yang dapat dibeli dapat membantu Anda menjual ke khalayak luas dengan satu postingan. Hal ini mempersingkat perjalanan pelanggan dengan mengurangi jumlah kunjungan halaman sebelum membeli.
Kembangkan Bisnis Anda Dengan Influencer Marketing
Pemasaran influencer dapat memberi merek Anda lebih banyak pengikut, keterlibatan ekstra, dan pendapatan lebih tinggi. Namun Anda harus melakukannya dengan benar untuk mendapatkan manfaatnya dan mengembangkan bisnis Anda. Temukan influencer yang tepat dan terapkan tips pemasaran influencer ini secara teratur.
Komentar
Posting Komentar